Cara Meningkatkan Berat Badan

08.59


Tulisan ini merupakan permohonan maaf teruntuk sahabat jauh saya, maaf sekali baru bisa saya jawab pertanyaannya dan agar lebih bermanfaat untuk  yang lain jadi saya sekalian menulisnya disini.
Okey suatu ketika saya menerima sebuah pesan dari oknum S yang intinya menanyakan bagaimana caranya menggemukan badan atau mungkin lebih tepatnya disini saya akan share cara menaikan berat badan pada orang yang sehat, sehat disini dalam artian tidak sedang mengidap suatu penyakit.
Berikut ini merupakan prinsip dari menaikan berat,

1) Asupan energi  harus melebihi penggunaan energi.
Logikanya adalah apabila kita makan dengan porsi cukup banyak kemudian melakukan aktifitas berat maka energi yang masuk dan keluar akan sama sehingga tidak akan ada energi yang tersimpan, otomatis tidak akan terjadi peningkatan berat badan. Sehingga disarankan makanlah yang cukup dan jangan dulu meningkatkan aktifitas fisik. Olahraga yang baik bagi orang kurus yang berat badannya mulai naik adalah jalan kaki santai.

2) Pengaturan pola makan dalam porsi kecil namun frekuensinya sering
Strategi pola makan disini adalah ‘makan sedikit namun sering’.

3) Asupan makan diawali dengan makanan yang tidak lama tinggal dalam lambung serta mudah diserap
Komposisi menu makanan perlu diperhatikan. Komposisi menu makan pagi untuk menaikan BB jangan terdiri atas protein dan lemak karena memiliki waktu tinggal (transit time) yang panjang dilambung sehingga akan membuat lebih lama kenyang.
Menu makan pagi sebaiknya terdiri atas tepung dan gula karena transit time nya singkat, mudah dicerna dan juga cepat diserap usus sehingga cepat menaikan kadar glukosa plasma. Naiknya kadar glukosa akan merangsang keluarnya insulin,insulin sendiri merupakan suatu hormon yang akan membuat glukosa masuk ke sel organ. Glukosa plasa akan turun dalam 2 jam setelah makan dan akan menimbulkan rasa lapar.
Pada saat lapar sebaiknya mengkonsumsi makannan yang terbuat dari protein. Protein memiliki transit time yang panjang dilambung sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lama. Agar cepat lapar lagi maka konsumsilah makanan yang terbuat dari tepung dan gula. Dan seterusnya pola makan seperti ini diulang-ulang secara berselang seling antara tepung/gula dengan sumber protein hingga tidur dimalam hari.
Contoh susunan makanan :
Pkl 07.00 Karbohidrat (KH)  sederhana
Roti + selai + meises/  jajanan pasar (bubur sumsum),teh manis
Pkl 09.00 Protein +  lemak:
Nasi goreng/bubur/ nasi kuning/dll, Susu
Pkl 10.00 KH sederhana:
Permen/Coklat dll
Pkl 12.00 Makan  Utama:
Menu seimbang (nasi lengkap+ sumber protein  hewani+sumber protein nabati+  aneka sayuran)
Pkl 13.00 KH sumber  serat  + Antioksidan:
Jus buah/ Sop buah/dll
Pkl 15.00 Protein:
Makan  apa saja sumbr Protein  yang  digoreng
Pkl 16.00 KH sederhana:
Jajanan Pasar/  puding/serabi/  dll
Pkl 18.00 Makan  Utama
Menu seimbang (nasi lengkap+ sumber protein  hewani+sumber protein nabati+  aneka sayuran)
Pkl 19.00 KH sederhana:
Permen/coklat/dll
Pkl 21.00 Protein:
Minum  susu sebelum tidur

4) Peningkatan berat badan membutuhkan waktu sehingga kita harus realistis dalam membuat target kenaikan berat badan, misal targetnya 0,5kg/ bulan. 
Bila program diatas telah berjlan baik selanjutnya adalah menambah besar porsi makanan. Caranya adalah dengan menambah daya tampung lambung yaitu dengan memakan buah kaya serat setelah mengkonsumsi makan utama. Menfungsikan buah sebagai pencuci mulut, akan membantu lumen (saluran) lambung membesar. Serat buah akan mengembang dalam lambung padahal perut sudah berisi maknan pokok. Porsi buah setelah makan harus keci dulu. bila napsu makan pada jam berikutnya tak terganggu, porsi buah boleh ditambah secara bertahap.
Semoga berhasil peng-gemukan-nya :D
Referensi: Buku Modul Kedokteran Keluarga FK Unpad 2016

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images